Menunaikan Zakat

 Menunaikan Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga sehingga wajib bagi para pemeluk agama Menunaikan Zakat
Menunaikan Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga sehingga wajib bagi para pemeluk agama Islam untuk melakukannya.
Zakat artinya; bersih, suci, subur, berkah, dan berkembang. Zakat merupakan ibadah yang dilakukan berupa menyisihkan sebagian harta yang dimiliki seorang muslim dan diberikan kepada golongan orang yang berhak menerimanya.
Adapun besar jumlah harta yang disisihkan itu dan golongan orang yang berhak mendapatkan telah diatur oleh fatwa Islam sebagaimana mestinya.

Zakat terbagi atas dua jenis yaitu:
  1. Zakat Fitrah, ialah zakat wajib bagi setiap umat muslim tanpa kecuali walaupun gres berumur 1 hari. Zakat fitrah dibayarkan pada bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri. Besar zakat fitrah yaitu setara dengan 3,5 liter (2,5 kg) masakan pokok yang ada di kawasan yang bersangkutan.
  2. Zakat Maal, disebut juga zakat harta ialah zakat yang dibayarkan oleh seorang muslim yang merupakan hasil perniagaan, pertambangan, pertanian, hasil temuan, emas, perak, hasil ternak, hasil laut. Masing-masing jenis harta tersebut memiliki perhitungan sendiri-sendiri.


Sesuai dengan fatwa Islam, zakat diberikan kepada golongan orang yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya). Biasanya mereka itu yaitu golongan orang yang tidak mampu. Dengan demikian apabila seorang muslim menunaikan kewajiban membayar zakat, tentu hal itu akan meringankan beban hidup golongan orang yang tidak bisa tadi. Itulah cara atau fatwa Islam dalam mengatur kehidupan umat manusia.
Dengan adanya kewajiban membayar zakat, setiap orang yang bisa atau berkecukupan dan merasa dirinya benar-benar seorang muslim, niscaya akan membantu golongan orang fakir miskin.

Posting Komentar untuk "Menunaikan Zakat"