Mendirikan Shalat Wajib Lima Kali Sehari

 Rukun Islam yang kedua ialah mendirikan  Mendirikan Shalat Wajib Lima Kali Sehari
Rukun Islam yang kedua ialah mendirikan shalat wajib lima kali sehari. Shalat ialah suatu ibadah yang wajib dilakukan oleh seorang muslim. Jika anda muslim, anda harus mengerjakan shalat. Dalam sehari umat muslim diwajibkan mengerjakan shalat sebanyak lima kali, yaitu pada waktu fajar (subuh), siang (zuhur), sore (asar), senja (maghrib), dan malam (isya). Shalat boleh dilakukan sendiri-sendiri, boleh tolong-menolong (berjama'ah) dan sangat dianjurkan tolong-menolong di masjid (rumah ibadah).

Apapun kondisinya? Dimanapun anda berada? Wajib melaksanakan shalat apabila datang waktunya. Kenapa? Karena Islam telah memberi tuntunan bahwa shalat itu dapat dilakukan dengan posisi duduk apabila seseorang tidak dapat berdiri sebagaimana layaknya posisi shalat yang sebenarnya. Apabila tidak dapat duduk, boleh dilakukan dengan posisi berbaring. Jika tidak dapat melaksanakan gerakan anggota badan lainnya (tangan), cukup dengan gerakan mata saja. Sebaik-baik kawasan melaksanakan shalat ialah di masjid tapi shalat boleh dilakukan dimana saja asal kawasan itu bersih. Arah shalat menghadap ke kiblat namun pada situasi tertentu hal itu dapat dimaafkan (misal, ketika dalam pesawat udara atau di atas kapal laut). Nah, apalagi alasan untuk tidak melaksanakan shalat?

Jika dilihat dari sudut pandang lain, shalat yang dilakukan sebanyak lima kali sehari, selain merupakan ibadah wajib, shalat mengajarkan kepada kaum muslim untuk hidup disiplin.
  • Untuk melaksanakan shalat subuh, seorang muslim harus bangkit sebelum matahari terbit.
  • Seorang muslim harus menghentikan acara atau kerjanya pada siang hari untuk melaksanakan shalat zuhur.
  • Shalat asar dilakukan pada sore hari, yang dalam kehidupan sehari-hari biasanya ketika akan menuntaskan pekerjaan pada hari itu.
  • Shalat magrib dilaksanakan pada ketika senja (peralihan siang dan malam), yang pada umumnya orang sudah kembali ke rumah masing-masing.
  • Dan terakhir shalat isya dilakukan pada malam hari, dimana seseorang benar-benar akan beristirahat dan lalu melanjutkan kehidupan esok harinya.


Kaprikornus ketika seorang muslim mendirikan shalat wajib lima kali sehari dimana hal itu memang suatu kewajiban bagi dirinya sebagai seorang yang beragama Islam, secara tidak eksklusif ia telah menimbulkan dirinya sendiri untuk hidup disiplin. Apalagi ketika melaksanakan shalat itu ada rukun shalat (aturan) yang harus dipenuhi, mulai dari membersihkan diri (wudu') dan melaksanakan gerakan-gerakan anggota tubuh, yang kesemuanya itu bermanfaat bagi kesehatan badan muslim itu sendiri.

Posting Komentar untuk "Mendirikan Shalat Wajib Lima Kali Sehari"