Hidup Itu Indah Jika Dijalani Secara Islam

Kata Islam berasal dari bahasa Arab al-islam artinya: berserah diri kepada Tuhan. Agama Islam ialah agama yang mempercayai satu Tuhan yaitu Allah. Allah telah mengakibatkan Islam sebagai agama yang tepat (Al Maidah Ayat 3). Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firmanNya melalui nabi dan rasul Nya dan menyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad ialah nabi atau rasul terakhir yang diutus Allah ke dunia ini. Islam mengajarkan kepada penganutnya untuk menjalani hidup ini dengan baik. Sesuatu wacana baik yang dilakukan dan ada wacana yang jelek harus ditinggalkan.

Untuk menjalani hidup, kaum muslim (sebutan untuk penganut Islam) dibekali dengan 2 pedoman hidup yaitu Al-Quran dan Hadist. Islam menjamin para penganutnya akan mendapat suatu kehidupan yang indah dan hening apabila benar-benar menjalankan sesuai dengan Al-Quran dan Hadist. Dalam Islam dikenal adanya Rukun Islam dan Rukun Iman, rukun ini harus dipegang teguh oleh penganut agama Islam dalam menjalani kehidupan di dunia.

Rukun Islam terdiri atas 5 perkara, yaitu:
  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat.
  2. Mendirikan shalat wajib lima kali sehari.
  3. Membayar zakat
  4. Puasa di bulan Ramadhan.
  5. Melaksanakan haji bagi yang mampu.

Rukun Iman terdiri atas 6 perkara, yaitu:
  1. Iman kepada Allah.
  2. Iman kepada malaikat Allah.
  3. Iman kepada kitab Allah.
  4. Iman kepada nabi dan rasul Allah.
  5. Iman kepada hari kiamat
  6. Iman kepada qada dan qadar

Dari uraian di atas sanggup dilihat bahwa betapa mendalamnya Islam memperlihatkan pedoman hidup bagi para penganutnya. Sebagai dasar untuk menjadi seorang muslim, diwajibkan untuk membaca dua kalimah syahadat (mengakui bahwa tidak ada ilahi selain Allah dan mengakui bahwa Muhammad ialah hamba dan rasul Allah). Diwajibkan untuk mendirikan shalat alasannya ialah shalat itu ialah tiang agama. Seiring dengan itu membayar zakat, menyerupai seseorang membayar pajak kepada negara. Kemudian berpuasa di bulan Ramadhan, selain untuk menjaga kesehatan juga memberi pelajaran bagaimana rasanya menahan haus dan lapar. Dan apabila hartanya sudah cukup, seorang muslim dianjurkan pergi haji (wisata rohani).

Posting Komentar untuk "Hidup Itu Indah Jika Dijalani Secara Islam"