Iman Kepada Qada Dan Qadar

Rukun Iman yang keenam yaitu kepercayaan kepada Qada dan Qadar. Maksudnya yaitu umat muslim harus percaya adanya nasib baik dan nasib buruk. Semua hal yang terjadi di muka bumi yaitu atas kehendak Allah. Iman pada kadar baik dan kadar jelek ini merupakan hal yang mempunyai kegunaan untuk menyadarkan umat Islam sendiri.

Dalam menjalani kehidupan insan mungkin ada mengalami kondisi baik atau kondisi buruk. Islam sudah memprediksi sebelumnya bahwa umat Islam akan mengalami hal tersebut dan untuk mengatasi biar jangan hingga terjadi hal tidak diinginkan, Islam telah mengatasinya dengan adanya rukun kepercayaan yang keenam ini. Maknanya yaitu apabila seseorang mengalami sesuatu yang jelek dalam hidupnya, ia harus menyadari bahwa mungkin qada buruk sedang tiba kepadanya.

Dalam Islam juga dikatakan bahwa Allah tidak akan pernah memperlihatkan beban kepada umatnya apabila umat itu tidak bisa menerimanya. Dan berkaitan juga pernyataan bahwa pada setiap kesulitan niscaya ada makna yang dibaliknya.

Posting Komentar untuk "Iman Kepada Qada Dan Qadar"