Iman Kepada Malaikat Allah

Rukun Iman yang kedua yakni Iman kepada malaikat Allah. Artinya pemeluk agama Islam percaya bahwa malaikat itu ada walaupun insan tidak sanggup melihatnya (terkecuali atas kehendak Allah). Jika insan diciptakan Allah berasal dari tanah maka malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya. Sebagai makhluk cipataan Allah, malaikat sangat patuh dan ta'at kepada Allah. Berbeda dengan manusia, malaikat tidak diberi hawa nafsu oleh Allah sehingga para malaikat sanggup dikatakan tidak berdosa.

Berapa banyaknya jumlah malaikat hanya Allah yang tahu. Bagi seorang muslim ada 10 malaikat yang wajib diketahui yaitu:
  1. Malaikat Jibril. Malaikat yang bertugas memberikan wahyu atau firman Allah kepada nabi dan rasul Allah. Dan atas kehendak-Nya malaikat Jibril menampakkan diri kepada nabi dan rasul Allah.
  2. Malaikat Mikail. Malaikat yang bertugas menawarkan rezeki pada manusia.
  3. Malaikat Israfil. Malaikat yang bertugas meniup terompet sangkakala pada hari final zaman nanti.
  4. Malaikat Izrail. Malaikat yang bertugas mencabut nyawa manusia, dikenal juga dengan sebutan malaikat maut.
  5. Malaikat Munkar. Malaikat yang bertugas menanyakan atau menginterogasi insan di alam kubur wacana perbuatan insan itu semasa hidupnya.
  6. Malaikat Nakir. Tugasnya sama dengan malaikat Munkar yaitu menanyakan atau menginterogasi insan di alam kubur wacana perbuatan insan itu semasa hidupnya.
  7. Malaikat Raqib. Malaikat yang bertugas mencatat semua perbuatan amal baik yang dilakukan insan dalam hidupnya.
  8. Malaikat Atid. Tugasnya hampir sama dengan malaikat Raqib yaitu mencatat perbuatan insan semasa hidupnya tapi yang dicatat yakni perbuatan buruk.
  9. Malaikat Malik. Malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka dan mendapatkan insan yang akan menghuni neraka.
  10. Malaikat Ridwan. Malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk menjada pintu nirwana dan menyambut insan yang akan menempati surga.
Dengan mempercayai atau iman kepada malaikat Allah, seorang muslim dibutuhkan biar selalu melaksanakan perbuatan baik dan meninggalkan perbuatan jelek dalam hidupnya. Karena selain semua perbuatannya itu dilihat oleh Allah, malaikat pun mencatat setiap perbuatan mereka.

Posting Komentar untuk "Iman Kepada Malaikat Allah"